TERNYATA WORTEL BISA UNTUK MENCEGAH KANKER LHO !

0
TERNYATA WORTEL BISA UNTUK MENCEGAH KANKER LHO !

Sayuran dan buah – buahan adalah salah satu asupan berserat yang diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Semua kandungan yang ada didalam sayuran maupun buah sangat bagus apabila dikonsumsi setiap hari. Seperti wortel, sayuran berbentuk panjang dan berwarna oranye ini terkenal akan vitamin A nya yang bisa membantu untuk kesehatan mata.

Wortel memang sangat bergizi. Bahkan, wortel pertama kali ditanam justru sebagai obat dan bukan sebagai makanan. Orang telah makan wortel selama lebih dari 5.000 tahun. Wortel berasal dari Timur Tengah dan Afghanistan. Pada awalnya wortel hanya tersedia dalam warna ungu dan kuning. Wortel oranye yang familier baru dikembangkan kemudian pada tahun 1600-an.

Wortel memiliki nama ilmiah Daucus carota dan termasuk tumbuhan sayur berwarna oranye. Sayur ini bisa ditanam sepanjang tahun terutama di daerah pegunungan yang memiliki suhu udara lembab dan dingin. Rata-rata menanamnya pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Selain itu membutuhkan sinar matahari yang cukup. Tanaman wortel mempunyai batang daun basah berupa sekumpulan pelepah atau tangkai daun. Munculnya dari pangkal buah bagian atas dan mirip dengan daun seledri.

Sayuran yang satu ini sangat mudah ditemukan di pasaran dan harganya cukup terjangkau. Rutin mengonsumsi wortel, baik mentah untuk lalapan maupun diolah menjadi asupan lain dipercaya membantu mencegah rabun senja. Pasalnya, wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Sedangkan kandungan tinggi beta karotennya mampu membantu mencegah kanker.

KANDUNGAN DALAM WORTEL

Berdasarkan pengamatan GAEKON dari Healthline, menurut United States Department of Agriculture’s Food Data, jus wortel mengandung protein, lemak, karbohidrat, dan serat.

Wortel juga memiliki berbagai jenis vitamin dan mineral seperti kalium, vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, vitamin A dan vitamin K.

Berbagai kandungan nutrisi dalam wortel ini diyakini dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Proses ini terjadi karena konsumsi jus wortel dapat meningkatkan sekresi empedu.

Empedu adalah organ dengan cairan yang memecah lemak. Menurut sebuah studi di Pubmed Central tahun 2006, peningkatan aliran cairan empedu dapat meningkatkan metabolisme dan juga bisa membantu menurunkan berat badan pada tikus. Namun bukan hanya pada hewan, hasil serupa pun diyakini bisa terjadi pada manusia.

  1. Jus Wortel Untuk Kanker

Wortel memang sudah sangat dikenal baik untuk kesehatan mata. Namun selain untuk kesehatan mata, fakta lain dari sayuran yang satu ini adalah ternyata bisa untuk mencegah dan mengatasi penyakit kanker. Berbagai olahan wortel bisa untuk membantu mengatasi hal ini, seperti contohnya jus wortel. GAEKON telah merangkum dari Medical News Today, inilah beberapa manfaat jus wortel untuk kanker :

  • Kanker Lambung

Antioksidan dalam wortel diyakini dapat membantu mencegah kanker lambung. Karena wortel mengandung antioksidan, yang bermanfaat bagi pencegahan kanker. Dalam sebuah review penelitian, para peneliti menguji efek konsumsi wortel pada risiko kanker lambung.

Hasilnya, ditemukan konsumsi wortel menurunkan risiko kanker lambung hingga 26 persen. Namun tidak disebutkan secara rinci berapa banyak wortel yang dibutuhkan seseorang untuk mengurangi risiko kanker lambung.

Peneliti mengungkapkan studi lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mengonfirmasi adanya hubungan antara wortel dan kanker lambung ini. Namun tidak ada salahnya, dengan mengonsumsi wortel ini kesehatan kita akan terjaga.

  • Leukemia

Meski penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengonfirmasi hal ini, tetapi jus wortel diyakini kuat memiliki peran dalam pengobatan leukemia alias kanker darah.

Dalam sebuah studi, para peneliti melihat adanya efek positif dari ekstrak jus wortel pada sel-sel leukemia. Ekstrak jus wortel menyebabkan sel-sel leukemia merusak dirinya sendiri dan menghentikan siklus sel mereka.

Meskipun tidak mungkin menjadi pengobatan mandiri untuk leukemia, wortel bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang baik untuk orang-orang dengan kondisi ini. Karena setidaknya wortel bisa membantu dengan mengentikan siklus sel kanker itu sendiri.

  • Kanker Payudara

Sebuah studi tahun 2012 pada perempuan dengan kanker payudara mengamati kaitannya antara konsumsi jus terhadap kadar karotenoid, yang merupakan penanda stres oksidatif dan peradangan dalam darah.

Stres oksidatif terjadi ketika radikal bebas penyebab penyakit melebihi jumlah antioksidan dalam tubuh, sehingga meningkatkan risiko kanker tertentu dan kondisi kesehatan lainnya.

Para peneliti melaporkan bahwa kadar karotenoid yang lebih tinggi dalam darah dikaitkan dengan risiko kanker payudara yang lebih rendah. Selama penelitian ini, partisipan mengkonsumsi 8 ons jus wortel setiap hari selama 3 minggu.

Pada akhir penelitian, para partisipan memiliki kadar karotenoid dalam darah yang lebih tinggi dan tingkat penanda yang lebih rendah terkait dengan stres oksidatif.

  1. Cara Membuat Jus Wortel

Menurut Stanford Health Care, kandungan vitamin dan mineral dari satu cangkir jus wortel hampir setara dengan lima cangkir wortel cincang.

Sementara itu, meskipun jus buah dan sayuran segar memang menyediakan banyak nutrisi, namun jus tidak mengandung banyak serat sebanyak buah dan sayuran potong. Selain itu, jus terkadang juga mengandung lebih banyak gula per cangkirnya dibandingkan sayur dan buah utuh.

Apabila ingin mengonsumsi dan mendapatkan manfaat sehat jus wortel, alangkah baiknya membuat sendiri di rumah. Gunakan juice extractor agar banyak mendapatkan sari wortel.

Pilihlah wortel yang masih segar dan hindari menambahkan terlalu banyak gula. Kita bisa menambahkan kombinasi sayur atau buah lain sebagai pemanis alami dengan menggunakan blender. Beberapa contoh kombinasi resep jus wortel yang enak dan bermanfaat misalnya wortel dan apel; wortel dan jeruk; wortel, kayu manis dan jahe.

Salah satu resep jus wortel yang bisa dicoba yaitu dengan menyiapkan bahan di bawah ini terlebih dahulu :

  • 6 buah wortel,
  • 1 inci kunyit,
  • 1 inci jahe,
  •  ½ buah lemon kupas,
  •  ½ gelas air, dan
  •  kayu manis kering secukupnya.

Masukkan semua bahan dalam blender dan kemudian jus wortel siap untuk diminum.

Jus wortel memang memiliki manfaat nutrisi dan kesehatan yang penting. Namun sebaiknya mengkonsumsi jus ini jangan berlebihan, secukupnya saja. Karena disebutkan bahwa asupan betakaroten yang berlebihan berpotensi bisa mengubah warna kulit sedikit berwarna kekuningan atau oranye.

KL For GAEKON