Macadamia, adalah jenis kacang pohon termahal di antara jenis kacang-kacangan. Harganya bisa menyentuh kisaran 350-450 ribu rupiah per kilonya.

Melansir postingan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, lewat akun Instagramnya di https://www.instagram.com/khofifah.ip/ , kacang Macadamia ini teryata sudah masuk ke Bondowoso, Jawa Timur, sejak 1971.

Bersama Menteri LHK Siti Nurbaya, Khofifah melakukan penanaman pohon Macadamia di kawasan Oro-Oro Ombo, Batu, Malang pada bulan Desember kemarin. Diharapkan bahwa petani Jawa Timur akan giat untuk membudidayakan tanaman ini yang dapat memberikan keuntungan sekitar Rp1-1,2 miliar per hektar dalam periode satu tahun.

Selain kacang termahal di dunia, Jawa Timur teryata juga mempunyai satu varietas buah yang unik, yaitu buah mentega. Buah asal Filipina ini, juga sering dikenal sebagai buah bisbul atau Velvet Apple.

Buah ini tumbuh menyebar di wilayah tropis beriklim basah, tepatnya di dataran rendah hingga menengah. Namun buah ini masih langka karena keberadaanya yang sulit ditemukan. Biasanya buah ini sering dijumpai di Bogor.

Namun Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya membuat terobosan baru dengan membudidayakan buah ini. Tetapi hasilnya masih tidak diperjualbelikan oleh DKPP Surabaya.

Buah ini mempunyai rasa manis dan sedikit sepat, dengan tekstur yang menyerupai mentega. Ada juga yang mengatakan bahwa buah ini mempunyai rasa seperti durian.

Buah dengan nama ilmiah Diospyros Blancoi ini ternyata mempunyai banyak manfaat, antara lain menjaga kesehatan sistem pencernaan, melancarkan peredarah darah, meminimalisir risiko penyakit kanker, dan masih banyak lagi.

W For GAEKON

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here