3 Tips Bicara dengan siapa saja

0

Sepasang muda mudi sedang duduk berdua di sebuah café kecil di ujung kota. Café itu kecil tapi nyaman, didesign dengan konsep terbuka yang membuat cahaya masuk dengan mudah. Banyak ornamen pesawat pesawat kecil terpasang dan bergoyang saat terkena angin dari AC membuat seakan-akan pesawat itu terbang. Di iringi dengan musik musik akustik membuat tempat itu tempat yang pas untuk menghabiskan waktu dengan orang yang kita sayangi.

Tapi ada yang aneh, muda mudi itu bukannya saling bercengkrama tapi malah sibuk dengan gadgetnya masing masing. Nah para pembaca saya yakin ini bukanlah hal yang aneh dan baru di tahun 2020. Atau kalian terlalu sibuk dengan gadget masing-masing sampai lupa sekitar? Hayo! Apakah karena kita sibuk bertukar gambar dan berita dengan kerabat kita yang jauh dan melupakan yang di depan kamu?

Sering kali bukan itu alasannya, tetapi kadang kita mati bahasa dan tidak tahu mau ngomong apa. Padahal kalau ngomong hal hal sampah dan ga penting sama temen kita bisa berjam-jam dan lupa waktu. Tapi pada saat saat dibutuhkan kok malah diam seribu bahasa?

Memalukan kan?

Bayangkan pada saat kalian duduk di depan gebetan. Tiba-tiba ada jeda dalam pembicaraan. Kamu tau kamu harus ngomong sesuatu nih di sini , tapi kok otak kayanya ngadat ya! Yang ada di dalam hati dan otak adalah pertanyaan bodoh dan topik membosankan yang ga penting banget kalau di omongin.

Perlahan lahan ada suara jangkrik ” krik krik krik” mulai terdengar di sekitar kita. Rasa panik mulai menghampiri , rasa bodoh mulai merajalela, bahkan kalau saya tanya nama kamu siapa. Kamu ga bisa jawab karena kamu merasa blank!

Saya yakin kamu pasti perna di situasi seperti ini dan kamu tidak sendirian! Pasti kamu ga mau ada di posisi ini lagi sehingga gadget menjadi malaikat penyelamat di situasi seperti ini.

Gadget no more! Saya akan membahas satu per satu dan memberi sedikit contoh pertanyaan bisa jadi kartu as kamu kal jangkrik menyerang!

Hobbies!

“Ketahuilah hobby nya, maka kamu sudah mengetahui 30% dari siapa dia”

Hobby adalah sesuatu kegiatan yang membuat kita melakukannya tanpa di bayar dan sering kali membayar untuk menikmatinya. Contohnya : Yoga, Gym, photografi, koleksi barang, coba makanan baru

Beberapa pertanyaan untuk kamu memulai percakapan mengenai hobby:

  1. Kalau ada waktu senggang kamu ngapain aja sih?
  2. Bisa main musik apa?
  3. Suka kuliner ga?
  4. Ngomongin soal gadget! ( daripada liatin gadget sendiri-sendiri , kenapa ga ngobrolin tentang gadget itu? )

Kerja / Sekolah

Banyak yang bilang bahwa waktu santai jangan ngomongin kerjaan atau sekolah melulu donk. Tapi menurut saya itu Cuma alesan , karena survey membuktikan bahwa topik pembicaraan yang paling seru di bicarakan , kerja/sekolah, selalu muncul !

Contoh pertanyaan biar topik kerja/sekolah ga bikin bete:

  1. Kerja di sana serunya apa sih?
  2. Sekolah ambil jurusan hukum itu karena kamu orangnya suka ngotot ya? ( setiap orang ambil jurusan karena biasa itu yang mereka nyaman dan bukan keinginan mereka, meskipun dilukiskan oleh media bahwa kita belajar mengejar impian, nyatanya ga gitu gitu amat kok
  3. Kalau uang bukan masalah lagi, kamu mau menjadi apa?

Travel

Sebuah topik yang ga akan bikin bosen. Setiap kali kamu travelling, banyak kenangan yang tersimpan di trip kamu. Seringkali itu unik dan waktu di bagikan bisa menjadi topik pembicaraan yang panjang!

Ga percaya? Baca di bawah ini ya.

  1. Kamu sudah perna liat sunset di bali?
  2. Kalau sudah tua nanti pingin tinggal di ( Kota ) ini aja atau di mana?
  3. Perna solo travel ga? (kata-kata dengan term aneh seperti solo travel ini bisa bikin lawan bicara kamu spark interest mereka dan malah balik bertanya ke kamu, apa itu solo travel? Ngerti kan maksud penulis? *wink2* )

STOP sampai di sini dulu

Kalau kalian mempraktekkan semua yang ada di atas bisa bisa bukan malah ngonrol nya lancar malah bikin lawan bicara mengira kalian itu wartawan atau bermodus!

Sebelum pertanya coba kalian siapkan terlebih dulu, statement yang mau kalian katakan. Sebagai Contoh, kamu sudah perna liat sunset di bali,  kalian bisa bilang, bulan lalu aku pergi ke bali, sunset di sana bagus banget loh. Kalian tau ga?

Ingat tips dari saya bukan Cuma bikin kamu jago ngomong 1 lawan 1, tapi 1 lawan 3 pun ga masalah. Karena padasarnya kalian bisa membawa topik mengenai travel tanpa memberikan pertanyaan langsung. Dan, hal yang paling ajib nih kamu berbagi pengalaman tentang topik sebelum yang lain menjawab.  Hal ini memudahkan lawan bicara kamu untuk bisa share lebih terbuka tanpa merasa mereka yang di interogasi

Kalau mau bahasa canggihnya dalam ilmu komunikasi sih bisa coba baca “Law of recripocity”

Perhatikan Sekitarmu!

Ini adalah kartu as dari saya yang sebenarnya, seringkali dilupakan orang, yang bisa menyelamatkan kamu di waktu bener bener tidak ada topik

Tidak perlu menggunakan IQ tinggi untuk ini, kamu Cuma perlu tarik napas dalam dalam dan berpikir

  1. Kalau kalian bertemu pertama kali , kenapa kalian di sini? Mungkin ini adalah undangan bisnis, atau sedang mengunjungi café baru. Ini akan menjadi topik pembuka yang kuat sekali
  2. Berikan komentar tentang apa yang lawan bicara kalian pakai, mungkin dia sedang menggunakan perhiasan yang unik atau menggunakan kaos dengan gambar bank kesukaan kamu.
  3. Bicara tentang orang di sekitarmu. Apa yang mereka pakai, apa yang mereka lakukan,
  4. Tajamkan indramu, Dengar lagu yang di putar, bau apa yang kamu cium, apa yang bisa kamu rasakan dengan indra perasamu?

Sebenarnya apa sih yang membuat sebuah pembicaraan itu menarik?

Banyak orang yang berfikir bahwa topik dari pembicaraan kamu harus sangat menarik, tetapi itu adalah mitos! Tidak jarang kita temui bahwa topik yang sangat membosankan seperti statistik mengenai sepakbola adalah sesuatu yang membosankan. Tetapi kalau tentang tim favorit, pemain gelandang tercepat, atau striker pencetak goal terbanyak? Tiba-tiba kata bosan itu lenyap dan menjadi menarik? Itu disebabkan karena ada koneksi emosional yang relevan untuk kalian berdua.

Ambil tips tips dari saya maka kalian akan bisa ngobrol dengan siapa saja!

S For GAEKON