Tampung lebih dari 100.000 makhluk laut, Ini Fakta Akuarium Georgia

0
Akuarium Georgia
Sumber Foto: amusingplanet.com

Gaekon.com – Akuarium Georgia merupakan akuarium terbesar di dunia. Akuarium ini rumah bagi 120 ribu hewan yang mewakili 500 spesies.

Di area seluas 12 ribu kaki persegi pengunjung dapat menyaksikan 60 habitat hewan. Akuarium raksasa ini terletak di Atlanta, Georgia, AS.

Akuarium Georgia dibuka untuk pertama kalinya pada tangal 22 November 2005 kepada publik. Nah, kira-kira kalian udah bisa bayangin belum sebesar apa akuarium ini?

Habiskan Dana hingga Rp2,8 triliun

Akuarium Georgia sebagian besar didanai oleh sumbangan $250 juta dari salah satu pendiri Home Depot Bernard Marcus.

Sementara tanah dan biaya pembangunan sisanya merupakan sumbangan perusahaan. Total biaya pembangunan akuarium mencapai US$290 juta atau sekitar Rp2,8 triliun.

Bernard Marcus

Bernard Marcus, seorang pebisnis yang bermimpi, Atlanta memiliki akuarium sebagai wahana pendidikan. Ide tersebut tercetus setelah dia dan istrinya mengunjungi 56 akuarium di 13 negara.

Berasal dari 8,5 juta galon air tawar

Uniknya, akuarium air laut ini berasal dari 8,5 juta galon air tawar yang dicampur dengan 680 ton garam untuk menjadikannya air asin. Untuk menyimpan makanan hewan, akuarium memiliki frezeer yang mampu mendinginkan lebih dari 9 ton makanan dan kulkas yang mampu menampung 2,7 ton makanan.

Terdiri dari lima galeri 

Melansir dari Amusing Planet, akuarium raksasa ini terdiri dari lima galeri terpisah yaitu Georgia Explorer, Tropical Diver, Ocean Voyager, Cold-Water Quest dan River Scout.

Di sini pengunjung dapat menyaksikan beragam populasi hewan termasuk ikan paus, hiu, penguin, berang-berang, belut listrik, kuda laut, bintang laut, kepiting dan berbagai ikan dari semua ukuran.

Salah satu daya tarik akuarium ini adalah Ocean Voyager, bagian yang mendominasi tiga perempat akuarium yang menjadi habitat hiu dan paus.

Melalui terowongan akrilik sepanjang 100 kaki, pengunjung dapat menyaksikan tingkah polah ikan dari bawah. Akuarium juga menyediakan beberapa area kecil untuk memberi pengalaman interaksi dengan hewan laut.

Dilengkapi dengan rumah sakit khusus

Akuarium Georgia juga dilengkapi dengan rumah sakit khusus hewan seluas 5.800 kaki persegi dengan 15 orang staf, 26 tangki perawatan dan peralatan termasuk ruang operasi, unit radiografi dengan endoskopi, USG dan pindai sinar x.

Satu-satunya lembaga tampung hiu paus

Akuarium Georgia menjadi satu-satunya lembaga di luar Asia yang menampung hiu paus. Hiu disimpan dalam tangki raksasa 24 juta liter (6,3 juta galon) di pameran Ocean Voyager.

Ada kontroversi seputar keputusan Akuarium Georgia untuk menampung hiu paus. Kekhawatiran tentang menjaga hiu paus di penangkaran meningkat dengan kematian dua hiu paus.

Akuarium Georgia banyak menerima kritik dari kelompok pejuang hak-hak binatang yang percaya bahwa hewan lebih baik hidup di alam liar.

Namun demikian 70 persen hewan akuarium berasal dari penangkaran ikan, kebun binatang dan koleksi dari berbagai akuarium lainnya. Dalam beberapa kasus, staf aquarium terpaksa harus menyelamatkan hewan yang tidak sehat atau yang akan mati jika tidak diselamatkan dengan campur tangan mereka.

 

KA For GAEKON