Decision to Leave: Film Korea di Nominasi Palme d’Or Festival Film Cannes 2022

0
Decision_to_Leave-p2.jpg (1187×1701)
https://asianwiki.com/

Decision to Leave adalah sebuah film misteri romantis asal Korea Selatan yang rilis tahun 2022. Film berdurasi 138 menit ini ditulis dan disutradarai oleh Park Chan Wook. Selain itu, Jeong Seo Kyeong juga turut menjadi penulis film ini. Park Chan Wook merupakan sutradara yang sebelumnya telah dikenal lewat film The Handmaiden dan Oldboy. Film ini diproduksi oleh Moho Film dan dibiayai dan didistribusikan oleh CJ Entertainment.

Sinopsis Decision to Leave

Kisah dimulai saat ada suara tembakan yang berasal dari detektif kepolisian yang sedang berlatih di lapangan tembak. Seorang pria jatuh dari puncak gunung di Busan dan tewas. Seorang detektif bernama Hae Jun kemudian diberi tugas untuk menyelidiki kasus tersebut karena dinilai kematiannya janggal. Hae Jun berspekulasi pria tersebut kemungkinan didorong oleh seseorang atau memang sengaja untuk bunuh diri.

Pada saat melakukan penyelidikan, Hae Jun bertemu seorang wanita bernama Seo Rae yang ternyata adalah istri dari pria yang tewas. Seo Rae kemudian ikut terlibat dalam penyelidikan meskipun mendapat kecurigaan. Kecurigaan terjadi karena Seo Rae terlihat biasa-biasa saja seperti tidak merasa kehilangan.

Penyelidikan terus dilakukan dengan baik hingga kedekatan antara Hae Jun dan Seo Rae semakin intens. Kedekatan tersebut pada akhirnya menumbuhkan perasaan cinta antara Hae Jun dan Se Rae. Namun sayangnya, pada akhirnya terungkap bahwa tersangka pembunuhan yang selama ini dicari-cari adalah sang istri korban, yaitu Seo Rae.

Terungkapnya fakta itu menjadikan keadaan semakin kacau dan sulit terkendali. Hae Jun harus menentukan jalan mana yang akan diambilnya demi menjalankan profesionalitas pekerjaannya.

Pencapaian Decision to Leave

yna1065625204754828_556_thum.jpg (699×457)
https://k-odyssey.com/news

Pada April 2022, Decision to Leave terpilih untuk bersaing dalam nominasi untuk memperebutkan Palme d’Or di Festival Film Cannes 2022 yang diadakan pada 17 hingga 28 Mei 2022 lalu. Hasilnya adalah Park Chan Wook berhasil menang sebagai best director di Festival Film Cannes. Film ini dirilis secara teatrikal pada 29 Juni 2022 di Korea Selatan dan telah diputar untuk pertama kalinya di Lumiere Grand Theatre di Festival Film Cannes pada 23 Mei 2022. Pada April 2022, layanan streaming MUBI memperoleh hak untuk merilis film ini di Amerika Utara, Inggris, Irlandia, India, dan Turki. Film ini akan dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat dan Inggris pada 14 Oktober 2022.

Menurut CJ E&M, Decision to Leave telah terjual ke 192 negara menjelang pemutaran perdana dalam kompetisi di Festival Film Cannes ke-75. Pada 10 Juli 2022, film ini berada di posisi ke-5 di antara semua film Korea yang dirilis pada tahun 2022 dengan pendapatan kotor US$ 6.866.420.

Jajaran aktor dan aktris pemain Decision to Leave:

  • Tang Wei sebagai Seo Rae
  • Park Hae Il sebagai Hae Jun
  • Lee Jung Hyun sebagai Jung An
  • Go Kyung Pyo sebagai Soo Wan
  • Park Yong Woo sebagai Ho Shin
  • Jung Yi Seo sebagai Yoo Mi Ji

Berdasarkan akun Instagram resmi CGV, Decision to Leave akan tayang di Indonesia pada 15 Juli 2022. Nah, udah siap belum Gaekoners menyambutnya?

FT for GAEKON